Rabu, 17 April 2024

yang telah hilang

Indonesia,

beribu pulau dan aneka budaya memukau
Berlimpah ruah kekayaan alam nan berkilau

Indonesia
Sarat harta terkubur, ragam makhluk tertabur,
terpendam pada bumi pijak yang subur

aku bertanya, kemudian
akan negeriku

Tentang kekayaan alam itu, mana?
Tentang budaya jujur itu, apa?
Tentang pemimpin yang bertanggung jawab itu, siapa?
Tentang musyawarah mufakat itu, bagaimana?

Negeriku, aku tidak tahu
Yang aku tahu negeri – negeri yang ditayangkan di tivi
Rakyat negeriku, aku tidak tahu
Yang ada di majalah adalah orang – orang yang tidak sepertiku
Budayaku, aku tidak tahu
Yang kudengar di radio bukanlah lagu bahasaku

Indonesia, yang aku tahu
Hanya korupsi dan gempa bumi
Aku tak paham dengan negeriku

Karena semua dari negeriku
Kini telah hilang



--ini ngga tauu jaman kapan--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar